cover
Contact Name
Azuar Juliandi
Contact Email
azuarumsu@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmanbis.umsu@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS
ISSN : 16937619     EISSN : 25804170     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, published by the Departement Management, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, North Sumatra, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Management Sciences, includes the results of scientific research original, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Business and Entrepreneurship, the relevant Sector Management Science.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2016): April - September" : 8 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH EKONOMI MIKRO MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING METODE PEER LESSONS DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN Radiman Radiman
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.802 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro di Program Studi Manajemen antara sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Active learning Metode Peer lessons. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester Satu (I) Program Studi Manajemen yang terdaftar pada Tahun Akademik 2015/2016. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan jumlah mahasiswa sebanyak 2 kelas dari seluruh kelas yang ada. Dari 2 kelas tersebut diundi kelas mana yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar mahasiswa kelas D Manajemen Malam (kelas kontrol) dengan hasil belajar mahasiswa Kelas A Manajemen Malam (kelas eksprimen) pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada taraf signifikan 5% dengan penerapan model pembelajaran active learning metode peer lessons.  
PENGARUH KELELAHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk CABANG MEDAN IMAM BONJOL Risnawati Risnawati
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.107 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.979

Abstract

Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan variabel X (Kelelahan Kerja) terhadap variabel Y (Kinerja Karyawan) yang ditunjukkan nilai t hitung sebesar -2.569 dengan probabilitas sig 0,013 lebih kecil dari α = 0,05. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti bahwa makin tinggi/baik variabel X(Kelelahan Kerja) maka akan tinggi/baik variabel Y (Kinerja Karyawan). Sedangkan besarnya pengaruh yang diberikan ditunjukan oleh nilai determinasi yaitu nilai R-Square yang diperoleh sebesar  0,121 menunjukan sekitar  12,1% variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X(Kelelahan Kerja). Secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi variabel X(Kelelahan Kerja) terhadap variabel Y (Kinerja Karyawan) adalah sebesar 12,1% dan sisanya 87,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : Kelelahan Kerja, Kinerja Karyawan
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TITIPAN KILAT JNE MEDAN Bagus Handoko
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.592 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.813

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. JNE Medan. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan Harga terhadap Kepuasan konsumen Besarnya pengaruh Harga terhadap Kepuasan konsumen adalah sebesar 68,4%. Terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen adalah sebesar 12,1%. Harga dan Kualitas pelayanan secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen di JNE  Medan, dengan tingkat kemampuan Harga dan Kualitas pelayanan untuk menjelaskan Kepuasan konsumen adalah sebesar 86,9% sedangkan sisanya sebesar 13,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PTPN III MEDAN Sunaryo Sunaryo
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.14 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.980

Abstract

Perumusan masalah penelitian ini adalah pengaruh pendidikan dan Penempatan kerja Karyawan, baik parsial maupun simultan terhadap kinerja Karyawan di PT. Perkebunan Nusnatara III (Persero) Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan. Dimana sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 78 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Data diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, Selanjutnya dilakukan uji analisa data dengan menggunakan analisis regresi berganda, ujit t, uji F, dan koefisien determinasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial dan simultan, Pendidikan dan Penempatan Kerja Karyawan berpengaruh terhadap Kinerja. Kemampuan Pendidikan dan Penempatan Kerja Karyawan dalam menjelaskan kinerja adalah sebesar 43.7% sedangkan sisanya sebesar 56.3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini. 
ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN GENSET PADA PT. SEJAHTERA LESTARI ABADI MEDAN Aswin Bancin
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.814

Abstract

Dalam suatu perusahaan, penjualan adalah kegiatan yang penting, karena dengan adanya penjualan tersebut maka akan diketahui volume penjualan dan keuntungan yang diperoleh untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif, yaitu metode penganalisa data dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, serta menafsirkan data yang memberikan gambaran objek yang diteliti. sumber data dalam penelitian ini adalah data skunder yaitu data yang diperoleh dari bagian marketing di PT. Sejaterah Lestari Abadi Medan berupa dokumen dan data lainnya seperti data penjualan marketing dan data agenda promosi penjualan tahun 2011 sampai 2014.Berdasarkan hasil penelitian dapat dikesimpulkan bahwa belum memaksimalnya pelaksanaan bauran promosi yang dijalankan oleh perusahaan, dimana kurang optimalnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan, serta masih kurang luasnya penyebaran produk ke konsumen. Disisi lain banyaknya bermunculan produk sejenis yang menetapkan harga lebih murah serta memasuki pasaran dan wilayahnya yang cukup luas sehingga dengan keadaan yang ada tersebut cukup menyulitkan perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Kata kunci       : Bauran Promosi, Volume Penjualan
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS INVESTOR PT DANAREKSA MEDAN Titin Farida
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.053 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.981

Abstract

Analisis data menggunakan analisis jalur, uji nilai probabilitas untuk hipotesis pertama sampai hipotesis ke tujuh dengan program SPSS. Hasil penelitian Customer Relationship Management secara langsung berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kepuasan, Customer Relationship Management secara tidak  langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas investor melalui kepuasan, kualitas layanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, kualitas layanan secara tidak  langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas investor melalui kepuasan, Customer Relationship Management secara  langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas investor, kualitas layanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas investor, kepuasan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas investor pada PT Danareksa Medan.Kata Kunci:   Customer Relationship Management, Kualitas Layanan,  Kepuasan, Loyalitas Investor
EFEK MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Jufrizen Jufrizen
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.667 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.1209

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhkompensasi terhadap kepuasan kerja, mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada PT. Socfin Indonesia Medan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap pada PT. Socfin Indonesia Medan yang berjumlah 204 orang sedangkan sampel penelitian diperoleh sebanyak 135 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data  menggunakan pendekatan asosiatif dan kuantitatif dengan alat ukur statistik koefisien jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antaravariabel kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel kompensasi terhadap kinerja karyawan, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui Kepuasan kerja karyawan pada PT. Socfin Indonesia Medan.
PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADAPT. JASA MARGA CABANG (BELMERA) MEDAN Yudi Siswadi
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 1 (2016): April - September
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.163 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i1.982

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa variabel pelatihan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawandiperoleh nilai2,296>1,997 dengan taraf signifikan 0,025< 0,05 dan variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawandiperoleh nilai 4,154>1,997 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Pada uji F terlihat bahwa 19,209> 3,14 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak yang berarti bahwa variabel pelatihan dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap produktivitaskerjakaryawan. Sedangkan nilai koefisien determinasi hasil penelitian ini adalah 0,691 atau 69,1 % menunjukkan sekitar 69,1 variabel produktivitas (Y) dipengaruhi pelatihan (X1) dan disiplin kerja (X2). Sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pelatihan, Disiplin Kerja dan Produktivitas Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 8